12/05/2013

Tips Bangun Subuh

Kenapa harus ada shalat subuh??? Kenapa harus shalat subuh???...
Dalam Al-Quran Allah memberikan penegasan tentang kewajiban shalat di antaranya: Shalat merupakan kewajiban yang ditentukan Allah (Qs. 2:43). Dan shalat itu merupakan kewajiban yang ditentukan waktunya (Qs. 4:103). Bahkan Al-Qur'an menegaskan bahwa seluruh makhluk ciptaan Allah bertasbih, shalat, dan berdoa menurut cara masing-masing (Qs. 24:41).
Waktu subuh, merupakan salah satu ketentuan waktu Allah yang di dalamnya kita diwajibkan untuk mendirikan shalat. Hakikatnya shalat itu melatih kedisiplinan dalam soal waktu. Shalat subuh adalah shalat yang paling berat dilaksanakan di antara shalat lainnya, karena shalat subuh berada di awal hari di mana kebanyakan dari kita masih nyaman terlelap dalam tidur. Namun di sanalah keutamaannya, kedisiplinan yang disiratkan adalah bagaimana kita harus bergegas dan melaksanakan kewajiban atau tugas kita sekalipun kita berada dalam kenyamanan pekerjaan lain.
Di samping itu ada keutamaan lain dari shalat subuh yang sungguh luar biasa, Rasul menggambarkan dalam sabdanya: Sesungguhnya shalat yang paling berat bagi orang munafik adalah shalat isya dan shalat subuh. Sekiranya mereka mengetahui apa yang terkandung di dalamnya niscaya mereka akan mendatangi keduanya sekalipun dengan merangkak. (HR. Bukhari Muslim.
Dalam hadis lain Rasul juga menjelaskan tentang keutamaan shalat subuh di antaranya: Barang siapa yang shalat isya berjamaah maka seakan-akan ia telah shalat setengah malam, dan barang siapa yang shalat subuh berjamaah maka seakan-akan ia telah melaksanakan shalat malam satu malam penuh, (HR. Muslim).
Barang siapa yang menunaikan shalat subuh maka ia berada dalam jaminan (perlindungan) Allah. (HR. Muslim, Tirmidzi, dan Ibnu Majah). 
So.. apakah ada alasan lain untuk kita mempertanyakan kenapa harus shalat subuh?.. Yang menjadi masalah tentu bukan shalat subuhnya akan tetapi bagaimana caranya agar kita dapat terbangun di saat subuh. Pernah salah seorang penguasa Yahudi menyatakan bahwa mereka tidak takut dengan orang Islam kecuali pada satu hal. Ialah bila jumlah jamaah shalat subuh menyamai jumlah jamaah shalat jumat. Hmm,, pernyataan tersebut jelas sekali menunjukkan bahwa sudah menjadi rahasia umum jika shalat subuh adalah shalat yang rawan untuk ditinggalkan atau diakhirkan pelaksanaannya.
Ok, Guys.. Sudah saatnya kita berubah. Cerita gak bisa dateng sekolah tepat waktu  karena bangun kesiangan, itu bisa kita ubah dengan shalat subuh.  “Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum, jika kaum itu tidak mau mengubah diri (jiwa) mereka sendiri”(QS. Ar-raad:11).  Bunyi surat itu sudah sering mampir ketelinga kita, cuma buat meraktekin, kayanya kita butuh pemacu deh.
So?.. bangun kesiangan?.. udah bukan zamannya kale…
Berikut ini tips agar kamu bisa bangun subuh.
Niat dan berdo’a sebelum tidur
Segala perbuatan harus diawali dengan niat.  Bulatkan tekad di hati, untuk bangun subuh hari ini, besok, nanti dan sampai mati.
Selain itu kamu bisa berdoa sebelum tidur.  Banyaknya doa yang Rasulullah ajarkan.  Kamu juga bisa menambahkan doa dan memohon pada Allah, agar bisa bangun subuh tepat waktu.  Do’anya bisa pakai bahasa kamu sehari-hari kok. Ingat Allah maha mengetahui segala macam bahasamu (asal jangan pake bahasa gaul aja..hehehe. Bukan gak boleh tapi etika kita kepada Allah tetep harus dijaga).
Jangan tidur terlalu malam
Begadang kadang mengasyikkan.  Kata bang haji Rhoma Irama, begadang boleh saja asal ada perlunya..hehe. Tapi kalo solat subuh kelewatan gara-gara begadang? Apa itu juga mengasyikkan?  Ingat akhirat cing.  Dunia hanya ladang yang butuh kita tanam dan pupuk.  Baik buruknya hasil panen, bisa kita petik di akhirat.  Kalo shalat subuh aja telat kebayang kan hasil panennya kelak?
Siapkan alat bantu pengingat waktu
Alarm, jam waker, menjadi pilihan bagi para pemula.  Maksudnya yang gak biasa bangun subuh guys.  Kalo yang udah biasa, mereka biasanya cukup takut dengan peringatan  dan perintah Allah, ngedenger suara adzan subuh langsung reflek bangun. Sebab kata hadist, “Dari Ibnu Masud ia berkata :  Diceritakan kepada Nabi SAW tentang seseorang laki-laki yang tidur hingga subuh, sabdanya : Itulah orang laki-laki yang dikencingi oleh syetan pada kedua telinganya” (HR Bukhari Muslim).  Mau dipipisin terus?
Udara subuh baik untuk kesehatan
Rasul selalu mengajak umatnya untuk bangun sebelum subuh, melaksanakan shalat sunah dan shalat fardhu (shalat subuh berjamaah).  Hal ini memberi hikmah pahala yang berlimpah dari Allah, disamping kesegaran udara subuh yang bagus untuk kesehatan atau terapi penyakit Tubercolosis.  Memperkuat pikiran dan menyehatkan perasaan, adalah bonus lain dari udara subuh.  Jadi, bagaimana kita mendapatkan udara subuh, kalau gak bangun subuh?
Rasulullah bersabda : “Mu’min yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah daripada mu’min yang lemah.” (HR Muslim)
Ingat..!!! Mungkin ini shalat subuh terakhirmu
Tidak ada yang menjamin usia seseorang, termasuk  umur kamu.  Jadi bukan tidak mustahil shalat subuh yang kamu lakukan, menjadi shalat subuh terakhir dalam perjalanan duniamu. Itu menjadi sebuah kepastian. Niscaya kita akan takut untuk meninggalkan shalat subuh. Anggap saja besok kita tidak bisa menjumpainya.
Jangan tidur setelah shalat subuh
Menyiasati rasa dingin dan mengantuk setelah shalat subuh, bagi sebagian kamu, mungkin lebih berat dari shalat subuh itu sendiri.  Tapi itu bisa kamu usir dengan berdzikir setelah shalat, membaca Al-qur’an, olah raga, kemudian mandi dan sarapan.  Insya Allah waktu shalat subuh sampai menjelang kamu beraktifitas rutin lainnya, gak ada kesempatan untuk memancing mata kita, mengajak tubuh kembali ke pembaringan, sambil selimutan.
  Bertanggungjawab pada diri sendiri
Malu dong udah gede, kalo mau berangkat sekolah, musti di bangunin bokap, nyokap atau pembokat. Dengan kamu bangun subuh, so pasti gak ada lagi alasan buat kamu telat (kecuali kamu kembali tidur setelah subuh).  Let’s Go..!!! Generasi muda, jangan mulai dibangun dari sifat malas orang yang susah bangun subuh.  Setuju?
Berdakwah mengajak orang lain
Tujuannya berdakwah mengajak orang lain untuk shalat subuh berjamaah bukan sok alim atau pencitraan melainkan agar diri terpacu untuk melakukan hal yang sama. Berani berdakwah, yaa harus berani melaksanakan juga kan?
Mudah-mudahan ini bisa mengubah kebiasaan bangun siangmu. Semoga berhasil yaa..Amiin.

* Oleh: Dina Aprilia Safitri
 adalah santri kelas XI MA Hidayatul Insan Palangkaraya. Saat ini menjabat sebagai pengurus BES Hidayatul Insan bagian Ta’mir periode 2012/2013. diterbitkan dalam Buletin Santri "eX-One".


Newer Post Older Post Home

0 komentar:

Post a Comment

Ayo sharing di sini !